Hati-hati! Inilah 4 Tanda Kosmetik Tidak Layak Pakai

  • Whatsapp
Privacy Policy

Wanita dan kosmetika adalah pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Biasanya para wanita yang sangat suka berdandan selalu punya kosmetik soulmate yang sulit untuk dilepaskan.

Misalnya saja bedak favorit, foundation dan lipstik favorit atau eyeliner favorit yang cocok banget untuk kita, pokoknya kita merasa lebih pede dan cantik deh kalo pakai kosmetik itu. Sampai – sampai tidak mau memakai produk yang lain, dan membuat kita menyimpan produk itu berabad – abad lamanya.

Namun, tahukah kamu bahwa kosmetik sejatinya memiliki “usia produktif”-nya sendiri yang artinya sewaktu-waktu “si dia” sudah tidak bisa lagi kamu pakai, dan harus ganti yang baru meskipun isinya masih banyak.

Lalu bagaimana caranya agar kamu tahu bahwa kosmetik mu sudah tidak bisa lagi kamu pakai? Berikut adalah 4 tanda bahwa make up kamu sudah tidak layak pakai.

1.Berbau Tidak Sedap

Iya, baunya jadi aneh. Contohnya saja lipstik. Lipstik yang biasanya tidak memiliki bau tiba-tiba jadi berbau aneh. Nah ini tanda bahwa lipstik kamu sudah tidak bisa kamu pakai lagi. Beberapa alat kosmetik lain yang juga menimbulkan bau tidak sedap ketika sudah tidak layak pakai adalah foundation, bedak dan maskara.

2.Teksturnya Berubah

Hal ini pasti sering kamu temui. Misalnya, maskara yang awalnya cair berubah jadi menggumpal atau blush on padat dan lipstik yang tadi nya mulus tiba – tiba muncul bintik – bintik kecil? Perubahan tekstur semacam ini merupakan tanda bahwa kosmetik kamu sudah harus masuk tong sampah alias tidak bisa dipakai lagi.

Perubahan tekstur terjadi karena masuknya udara yang mengandung bakteri ketika produk dibuka. Inilah makanya, penting utnuk kamu agar tidak membiarkan alat make up mu terbuka begitu saja karena mereka dapat ditempeli bakteri.

3.Warnanya Berubah

Jika lipstik atau blush on kamu tiba-tiba warna nya memudar dan berubah menjadi tidak sepekat dulu, maka relakanlah dia pergi dan gantilah dengan yang baru.

Selain karena sudah tidak layak paka warna tidak pekat pada make up akan membuat kamu repot karena harus touch up berulang – ulang. Simpanlah make up mu di tempat yang bersuhu normal dan kering agar mereka lebih panjang umur.

4.Dipakai kok Jadi Iritasi?

Jika kamu tidak begitu teliti untuk melihat perbedaan-perbedaan seperti yang sudah ditentukan diatas, mungkin ini bisa menyadarkan kamu kalau make up mu sudah tidak bisa dipakai. Yaitu, menimbulkan iritasi pada kulit saat dipakai.

Jika bedak yang biasanya kamu paka cocok namun tiba-tiba membuat kulit kamu gatal dan kemerahan artinya bedak mu sudah tidak layak pakai. Nah, jika kamu meragukan tanggal kadaluwarsa, cobalah oleskan produk kosmetik di bagian bawah rahang, diamkan 10 menit, lihatlah perbedaannya jika menimbulkan bercak merah dan membuat gatal artinya kamu sudah harus ganti make up.

Alat kosmetik memang memiliki masa kadaluwarsa masing – masing, namun tidak jarang kosmetik menjadi tidak layak pakai di tengah perjalanan sebelum masa kadaluwarsa karena salah penyimpanan atau pemakaian. Jadi, jika kosmetik kamu menunjukan ciri – ciri diatas sebaiknya segera ganti yang baru meskipun belum lewat tanggal kadaluwarsanya ya.

Related posts