Rekomendasi 13 Oleh-oleh Khas Padang Sumatera Barat

  • Whatsapp

Traveling ke Sumbar tanpa membawa oleh-oleh khas padang nampaknya kurang lengkap. Terlebih di kota Padang, ada banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Baik oleh-oleh yang berupa makanan ataupun oleh-oleh berupa barang.

Memang sih, berbagai pilihan menu kuliner khas Padang saat ini sudah bisa dijumpai di berbagai tempat di tanah air.

Terlebih orang Padang terkenal suka merantau. Meskipun begitu, ada beberapa makanan yang khas dan jarang dijumpai di luar Padang. Jadi sayang untuk melewatkan oleh-oleh khas Padang tersebut.

13 Oleh-oleh khas Padang

Bolu batik

Oleh-oleh khas Padang yang satu ini memang tengah booming. Roti bolu dengan hiasan ala batik pada bagian luarnya. Para traveler pun bisa memperoleh bolu batik ini sebagai buah tangan untuk teman atau saudara dengan harga 60 ribu rupiah per buah.

Keripik Balado

Keripik balado tentunya tidak boleh dilewatkan saat tengah traveling ke Padang. Rasanya pedas dan gurih, bakal memanjakan lidah.

Rendang Telur

Rendang telur, unik bukan? oleh-oleh khas Padang yang satu ini bisa diperoleh dengan mudah di kota Padang. Harganya, murah. 16 ribu rupiah bisa dapat 200 gram.

Rendang Daging Basah

Rendang daging basah juga bisa dijadikan pilihan oleh-oleh saat pergi ke Padang. Terlebih rendang kerap disebut sebagai salah satu kuliner paling lezat sedunia.

Rendang Suwir Ayam

Kalau rendang daging sudah pernah mencicipi, bagaimana dengan rendang suwir ayam? Rendang yang satu ini dibuat dengan bahan utama suwiran daging ayam. Yummi lho!

Songket

Selain makanan, traveler juga bisa memilih untuk membawa oleh-oleh khas Padang berupa kain songket. Terdapat empat tingkatan kualitas kain songket yang bisa dijumpai. Harganya pun bervariasi, bergantung dengan kualitasnya.

Kain sulam karancang

Ada pula oleh-oleh khas Sumatera Barat lain yang bisa diperoleh saat traveling dari Padang dan Bukittinggi. Namanya adalah kain sulang karancang yang mempunyai ciri khas pada ujung yang berlubang.

Karupuak Jangek

Karupuak jangek atau biasa disebut di tempat lain dengan nama kerupuk kulit juga menjadi opsi oleh-oleh khas Padang yang bisa dibawa pulang. Tempat yang menjual oleh-oleh satu ini pun sangat banyak. Harganya, berkisar mulai dari 50 ribu rupiah per kilogram, bergantung dengan kualitas.

Karak kaliang

Karak kaliang juga menjadi pilihan oleh-oleh khas Padang yang banyak menarik perhatian. Rasanya gurih serta enak dilidah.

Roti randang

Roti randang yang merupakan sebuah roti dengan bumbu rendang di dalamnya juga menjadi pilihan oleh-oleh khas Padang terbaru yang bisa dibawa pulang. Harganya pun cukup murah. Roti randang ukuran kecil seharga 5 ribu rupiah. Sementara yang berukuran besar berbentuk gulungan, dipatok seharga 60 ribu rupiah.

Gelamai

Gelamai ini merupakan salah satu kue tradisional dari Padang. Rasanya manis dengan isian potongan kacang di dalamnya.

Pinyaram

Kalau di Jawa ada yang namanya kue cucur, maka di Padang ada kue serupa yang namanya adalah kue pinyaram. Penasaran kan dengan rasanya?

Sala Lauak

Sala luak ini merupakan jajan pasar khas Pariaman. Bisa dengan mudah dijumpai saat berkunjung ke pasar tradisional di Padang.

Arai Pinang

Arai pinang ini merupakan jajanan tradisional yang selalu hadir saat suasana lebaran di rumah orang Minang. Harganya murah, bisa diperoleh dengan harga 20 ribu rupiah.

Related posts